.................................................................

.................................................................

Rabu, 27 Juli 2016

Topik Menarik Untuk Kegiatan Sharing




          Pembaca yang setia, pastilah kita sering mendengar istilah sharing terutama pada saat masa SMA. Sharing merupakan bahasa Inggris yang artinya berbagi. Jadi, saya jabarkan menjadi sharing merupakan salah satu bentuk interaksi dengan membagikan dan atau menerima informasi yang secara umum baru kita ketahui. Berikut adalah topik yang sering saya jadikan bahan pembicaraan saat sharing.

1.     Pengalaman Pribadi

Loh pengalaman pribadi? Iya. Mugkin ada beberapa hal yang menjadi privasi bagi kita, tapi apa salahnya untuk berbagi perngalaman apalagi pengalaman tersebut baik dan kita menemukan atau mungkin mempunyai kiat-kiat yang dapat kita komunikasikan dengan mereka. Misalnya : pengalaman menang olimpiade/lomba, pengalaman menjadi anggota OSIS, pegalaman jurnalistik, dll. Apabila pengalaman yanag akan kita bahas merupakan pengalaman buruk, misalnya kalah lomba mading atau gagal terpilih jadi ketua. Disini kita punya peran untuk menanggulangi agar orang yang mendengarkan kita tidak melakukan hal-hal ceroboh yang pernah kita lakukan.

2.     Objek
Objek disini sangat luas, tergantung konteksnya dan dalam acara apa kita sharing. Jika kita sharing dalam rangka PPLS (Program Pengenalan Lingkkungan Sekola), objek yang bisa kita jadikan adalah sekolah itu sendiri, bagaimana guru-gurunya, ruangnnya, kegiatan, dll.

3.     Kisah Orang Lain

Nah, mungkin yang satu ini agak kontroversi bagi saya, tapi tidak ada salahnya. Bagaimana kisah orang llain yang bisa kita bagikan? Menurut saya, jawaban terbaik adalah dengan kisah-kisah inspiratif. Misalnya : kisah guru berprestasi, kisah ilmuwan hebat, kisah perjuangan para Nabi dan Rasul (Jika muslim), kisah para orang sukses yang dulunya bukan apa-apa, dll.

4.     Ilmu

Yang satu ini merupakan andalan saya saat kehabisan topik. Ups! Ilmu yang saya maksud adalah ilmu yang Anda kuasai. Tidak harus semua, tetapi setidaknya Anda punya banyak informasi mengenai suatu ilmu tersebut. Bisa ilmu menjadi seorang pemimpin, ilmu Astronomi, dll.

5.     Peraturan atau norma yang berlaku

Ini juga penting. Mengapa? Untuk menyempitkan kesempatan orang lain seenaknya sendiri. Agar mereka juga lebih tau menyikapi hak dan kewajiban yang benar.


Saya kira masih banyak topik lain yang bisa dipakai dalam kegiatan sharing dan menuju ke hal yan lebih spesifik. (Seperti membagikan tips.) Namun, saya rasa lima tema tersebut adalah yang sering digunakan dan tangan saya harus mengetik artikel lain, jadi sekian dulu saja.

Tidak ada komentar:

Soshi One

Soshi One