.................................................................

.................................................................

Rabu, 27 Juli 2016

Apa itu Astronomi?



cr gambar : nasa

            Pembahasan kali ini akan saya ambil dari salah satu ilmu tertua di dunia. Yakni, astronomi. Banyak berbagai versi yang menyatakan tentang pengertian Astronomi secara etimologi. Kata Astronomi berasal dari dua kata bahasa Yunani, yakni astron yang berarti ‘Bintang’ dan nemein yang beararti ‘menamakan’.

            Ilmu astronomi telah berkembang pesat di era modern ini. Ilmu ini juga saling bertalian dengan ilmu lainnya, contohnya Fisika yang kemudian lahirlah Astrofisika. Astronomi dapat dibagi menjadi empat ilmu cabang utama, yakni astrometri, astrofisika, kosmologi, dan astrodinamika. 

            Astrometri berurusan dalam pengukuran posisi benda langit berdasarkan pengamatan. Sedangkan Astrodinamika berurusan dengan pergerakan dan dinamika benda langit yang dipengaruhi gaya gravitasi. Astrofisika merupakan cabang astronomi yang berusaha menjelaskan sifat fisis suatu benda langit (radiasi, temperatur, tinggi, energi, momentum, dan besaran-beasaran fisika lainnya). Kosmologi membicarakan alam semesta baik itu kelahiran alam semesta, perkembngannya, hingga skenario akhir alam semesta.

            Menurut opini saya, kosmologi merupakan cabang astronomi yang paling menarik. Hal-hal tak terduga, yang terjadi di luar angkasa membuat para kosmolog terus mempertanyakan dan ingin mengetahui tidak hanya dari unsur “Bagaimana” tetapi juga “Mengapa”.

            Semoga Tulisan Kecil ini Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Soshi One

Soshi One